Saleema Institute

FOR DEVELOPMENT OF ISLAMIC ACCOUNTING AND AUDITING (SIDIAA)

"Konsultansi dan Training Akuntansi, Audit, Keuangan, Perbankan, Leadership, Kinerja dan Bisnis Syariah"
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR....ALHAMDULILLAH KITA SUDAH BISA MEMASUKI TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H...SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH, 1 MUHARRAM 1439H, MARI KITA BERMUHASABAH APA YANG TELAH KITA LAKUKAN PADA TH 1438 H DAN MARI KITA NIATKAN UNTUK MENINGKATKAN AMAL USAHA DAN IBADAH KITA DI TAHUN 1439 H, SEHINGGA SEMAKIN MENINGKAT IMAN, TAQWA, AMAL SHALEH DEMI KEJAYAAN KITA DI DUNIA DAN AKHIRAT NANTI, AAMIIN YA RABBIL 'ALAMIIN..

Latar Belakang


PENDAHULUAN 

 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Krisis ekonomi yang bertubi-tubi dan jarak waktunya semakin pendek, - kita ketahui krisis ekonomi luar biasa telah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1930 an, kemudian terjadi lagi di Asia pada tahun 1998 termasuk Indonesia  mengalami krisis monter besar, kemudian  tahu 2008 terjadi di Amerika Serikat yang dipicu oleh Subprime Mortgage untuk pembiayaan perumahan dan pada tahun 2012  krisis ekonomi terjadi di Eropa yang dimulai dari negara Yunani yang dipicu oleh utang yang ribawi, - telah memicu kepada para pemikir ekonomi dari ahli ekonomi Muslim dunia.  Satu hal yang sangat penting untuk dicermati adalah mengkritisi sistem ekonomi  yang sedang berjalan ini yaitu sistem ekonomi kapitalis yang didukung oleh sistem keuangan dan perbankan  yang ribawi yaitu mengandalkan sistem keuangan yang berbasis  interest atau bunga sebagai  pranata sistemnya.  Kita mengetahui, bahwa bunga  termasuk riba adalah diharamkan oleh Allah SWT ( Al Quran, Al Baqarah:275) dan Allah menghalalkan jual beli.  Di samping itu, dalam sistem ekonomi kapitalis kegiatan spekulasi  / maysir tidak dilarang sehingga kapan saja para kapitalis dapat melakukan spekulasi yang dapat merugikan negara lain. Hal ini bisa terjadi di pasar uang dengan memborong matauang tertentu untuk menciptakan nulai tukar mata uangnya menjadi tinggi sehingga dia akan mendapatkan keuntungan  dari bisnis  uang tersebut. Dan yang lebih penting lagi, dalam sistem ekonomi kapitalis tidak dikenal hukum haram dan halal, semuanya diserahkan pada mekanisme pasar sesuai keinginan manusia.

Melalui kajian akademis maupun praktis, ternyata hal-hal tersebut  diantaranya yang menyebabkan krisis yang berulang-ulang di dunia ini.  Kini, umat Islam telah memiliki suatu sistem ekonomi dengan perangkatnya yang dibangun di atas landasan epistemologi Tauhid Qurani yaitu sistem ekonomi yang dibangun di atas landasan hukum (syariah), ilmu dan aturan-aturan yang sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah. Perangkat sistem ekonomi Islam / Syariah kini telah semakin lengkap, yang dimulai dari sistem bank syariah, sistem keuangan syariah, sistem akuntansi syariah, sistem takaful dan lainnya yang siap sebagai solusi ekonomi sepanjang zaman. Dan  hasil akhir dari pada sistem ini adalah al falah yaitu tercapainya kesejahteraan duniawi dan ukhrowi sekaligus.  Sistem ekonomi syariah di Indonesia telah terbukti ampuh dan tangguh, di kala 1998 Indonesia diterpa krisis moneter, yang mengakibatkan bank-bank nasional yang telah berumur puluhan tahun terpaksa harus ditutup / brangkrut karena tidak dapat membayar bunga tabungan yang sampai 40% sementara  kredit tidak dapat disalurkan karena bunga  lebih tinggi dari bunga tabungan.  Sebagai bukti kongkrit adalah Bank Muamalat Indonesia yang berdiri 1992 dan beroperasi 1993, pada krisis moneter 1998, berarti Bank Muamalat Indonesia baru berumur 5 tahun (ibarat balita), tidak sampai bangkrut menghadapi terjangan badai krisis moneter dan sampai kini BMI berkembang maju.  Mengapa bisa bertahan dan bahkan sekarang maju? Karena BMI tidak menerapkan sistem bunga, sehingga tidak terpengaruh secara signifikan dengan pergerakan bunga bank.  BMI  berbagi hasil dengan deposannya demikian juga dengan mitra bisnisnya.  Akad pembiayaannya pada waktu itu adalah Murabahah atau jual beli angsuran dengan margin keuntungan yang tetap selama masa perjanjian, yang sangat berbeda dengan sistem bunga yang fluktuatif mengikuti supply dan demand uang di bank.

Atas dasar tersebut, kami sebagai akademisi  Muslim merasa punya kewajiban  untuk ikut mewujudkan hukum-hukum Allah (syariah) secara berjamaah ke dalam sistem ekonomi, keuangan, bisnis, manajemen, dan akuntansi, dengan membuat GAGASAN wadah kegiatan yang kami beri nama : THE SALEEMA TIJARAH GROUP, dengan  "Saleema Institutes" salah satu lembaga di dalamnya.  Lembaga ini lahir atas dorongan niat ibadah kepada Allah melalui amal muamalat melalui kegiatan-kegiatan organisasi dan unit  lainnya untuk mendukung percepatan penerapan sistem ekonomi Islam / Syariah di Indonesia maupun di dunia ini.  Dengan memohon ridho Allah SWT, tanggal 1 Muharam  1436 H / 25 Oktober 2014 (untuk seterusnya 1 Muharam) kami jadikan sebagai tanggal lahirnya THE SALEEMA TIJARAH GROUP ( STG), walaupun embrionya telah kami mulai sejak 2005 yaitu pada saat terbitnya buku kami pertama, yaitu Cara Mudah Memahami Akuntansi Perbankan Syariah di Indonesia.  Bersamaan  tahun baru hijriyyah, kami akan selalu melakukan muhasabah / introspeksi dan evaluasi menyeluruh baik dari segi organisasi maupun secara individu yang mendukung organisasi ini guna melangkah ke periode berikutnya untuk menjadi yang lebih baik.

Slamet Wiyono, sebagai pengelola website ini, adalah seorang dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta. Beliau Akuntan lulusan FE UGM, MBA dari the Netherlands dan S3 di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah program International Trisakti University. Desertasinya menganalisis dan membahas tentang pengaruh Islamic Knowledge, Islamic Organizational Culture dan Islamic Leadership terhadap Business Performance, dengan objek penelitian Bank Syariah di Indonesia. Hasil riset ini akan ditrainingkan dan diaplikasikan ke organisasi bisnis maupun nonbisnis dalam rangka peningkatan kinerja organisasinya. Beliau juga seorang Certified Hypnotherapist, yang dapat menerapkan ilmunya untuk kepentingan pengembangan usaha maupun prestasi individu dalam bentuk pelatihan maupun konsultansi serta terapi. Program lengkapnya dapat dilihat di bagian Program.

Atas kunjungan Anda, kami mengucapkan banyak terima kasih, semoga kita dapat berjamaah untuk mengamalkan ilmu dan pengalaman kita demi tercapainya kesejahteraan duniawi dan ukhrowi bagi kita semua.

Program yang dapat kami berikan kepada Anda meliputi program Konsultansi, Training, Tour & Travel, Publishing, Healthcare, Entrepreneurship Development, dan Hypnotherapy program untuk mengoptimalkan kinerja individu, keluarga dan bisnis Anda, Program Pendidikan Akuntansi Siap Kerja, Lab Bank Mini Syariah dan Program INHOUSE TRAINING. Terima kasih atas kunjungan Anda, selamat bergabung dengan kami, untuk hari esok yang lebih baik untuk kita semua.

 

Wassalamu'alaikum wr.wb.

MANAJEMEN WEBSITE:

 

SLAMET WIYONO

Email: slamet.wiy@gmail.com

Untuk info lebih lanjut, hubungi Bapk Slamet Wi,di no. Hp dan   WA 0812 855 77937; 08128410121, Ibu Tuty : 0813 800 88 158