Saleema Institute

FOR DEVELOPMENT OF ISLAMIC ACCOUNTING AND AUDITING (SIDIAA)

"Konsultansi dan Training Akuntansi, Audit, Keuangan, Perbankan, Leadership, Kinerja dan Bisnis Syariah"
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR....ALHAMDULILLAH KITA SUDAH BISA MEMASUKI TAHUN BARU HIJRIYAH 1439 H...SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH, 1 MUHARRAM 1439H, MARI KITA BERMUHASABAH APA YANG TELAH KITA LAKUKAN PADA TH 1438 H DAN MARI KITA NIATKAN UNTUK MENINGKATKAN AMAL USAHA DAN IBADAH KITA DI TAHUN 1439 H, SEHINGGA SEMAKIN MENINGKAT IMAN, TAQWA, AMAL SHALEH DEMI KEJAYAAN KITA DI DUNIA DAN AKHIRAT NANTI, AAMIIN YA RABBIL 'ALAMIIN..

Pelatihan Akuntansi Syariah Bagi Guru dan Dosen Akuntansi (PKM)


PELATIHAN

AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH

 BAGI  GURU DAN  DOSEN AKUNTANSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI DI  INDONESIA

(Program Pengabdian Kepada Masyarakat)

  

 I.   PENDAHULUAN

 

  1. Di balik fenomena krisis ekonomi dan keuangani,  kita menyaksikan adanya fenomena yang sangat menggembirakan , yaitu  semakin pesatnya perkembangan Bank Syariah, BPR Syariah, BMT, Koperasi Syariah, Asuransi Syariah, Pegadaian Syariah, dan entitas syariah lainnya, yang bersama-sama menggerakkan roda perekonomian   di Indonesia. Kita sama-sama mengetahui bahwa kondisi lembaga ekonomi syariah ini lebih kondusif lagi, setelah MUI mengeluarkan fatwa bahwa bunga bank adalah haram hukumnya. Dengan demikian, lembaga keuangan bank dan non-bank  Syariah di Indonesia kini memiliki peluang dan iklim usaha yang sangat baik untuk lebih berkembang lagi.
  2. Namun, perkembangan yang pesat di dunia ekonomi syariah ini, ternyata di masyarakat masih sangat banyak yang belum mengetahui bagaimana operasi lembaga ekonomi syariah beserta bagaimana seharusnya lembaga syariah itu membukukan dan melaporkan transaksi syariahnya tersebut.
  3. Standar Akuntansi Keuangan Syariah pertama kali yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no.  59 tahun 2002 tentang Akuntansi Perbankan Syariah. PSAK tersebut telah diberlakukan untuk bank-bak umum syariah, BPRS, Unit Usaha Syariah bank konvensional. Perkembangan selama sekitar 5 tahun, ternyata entitas syariah dan entitas yang bertransaksi syariah ternyata berkembang secara signifikan, sehingga IAI memandang standar akuntansi keuangan syariah perlu diperluas tidak hanya untuk lembaga bank syariah.
  4. Sekarang ini sudah terbit PSAK transaksi syariah yang berlaku secara umum untuk entitas syariah dan entitas yang bertransaksi syariah.  PSAK syariah yang sudah wqjib dilaksanakan adalah PSAK No. 102 -110. Dengan terbitnya PSAK Syariah yang lengkap ini, maka masyarakat diharapkan segera memahami akuntansinya, terutama bagian masyarakat yang berkecimpung dan berkaitan dengan kegiatan entitas syariah, seperti Guru, Dosen, Trainer, Mahasiswa dan Karyawan di bagian Akuntansi yang melakukan pembukuan transaksi syariah.
  5. Atas dasar pemikiran ini, kami merancang Pelatihan Akuntansi Keuangan Syariah yang diberlakukan pada entities syariah dan entitas lain yang melakukan transaksi syariah, bagi Guru SMK/SMA dan Dosen Akuntansi.

 

 II.     NAMA PROGRAM

 Nama program adalah “PELATIHAN AKUNTANSI  KEUANGAN  SYARIAH  (BAGI  GURU,   DOSEN AKUNTANSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH, PERGURUAN TINGGI DI  INDONESIA)

 

III.   TUJUAN PROGRAM

 

Program ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan, yaitu:

 

  1. Mepererat hubungan silaturahimantara dunia akademis  dan praktisi syariah serta peserta pelatihan lainnya.
  2. Memberikan bekal pengetahuan filosofis dan teknis bagi peserta tentang Akuntansi yang berlaku bagi entitas syariah dan entitas lain yang bertransaksi syariah.
  3. Menyeragamkan pemahaman tentang Akuntansi Transaksi Syariah bagi pelaksana lapangan pembukuan di lingkungan perusahaan.
  4. Memberikan bekal pengetahuan bagi guru-guru dan dosen-dosen akuntansi yang akan memberikan pengajaran kepada siswa/ mahasiswa di lingkungan perguruan.

 

IV.   MANFAAT PROGRAM

 

  1. Para peserta akan mendapat pemahaman yang komprehensif tentang  dasar filosofi dan teknis akuntansi yang berlaku untuk transaksi syariah di Indonesia.
  2. Para peserta akan memperoleh bekal ilmu untuk diaplikasikan dalam praktek pembukuan di lembaga pendidikan, social, bisnis syariah.
  3. Para peserta akan memperoleh bekal ilmu untuk diajarkan kepada siswa dan mahasiswa  di lingkungan lembaga pendidikan menengah dan tinggi  di Indonesia serta pengajaran di lingkungan entitas usaha syariah / konvensional masing-masing.

 V.    PEMBIAYAAN, FASILITAS DAN PESERTA  PELATIHAN

 Pelatihan ini merupakan pelatihan level 1, yang dilaksanakan selama satu hari, dengan keterangan biaya sebagai berikut:

  1. Kelas PKM dengan biaya Rp 350.000,-/ peserta;  Biaya normal Rp 750.000,- per peserta.
  2. Biaya Pelatihan sudah termasuk snack 2 kali, makan siang 1 kali, sertifikat pelatihan, Buku Akuntansi Syariah, modul.

 VI.  ORGANISASI PELAKSANAAN

 Pelaksanaan program Pelatihan ini diorganisir oleh Saleema Institute, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti dan IAEI Komisariat Universitas Trisakti.

 

VII.   LAIN-LAIN

  1. Durasi Pelatihan adalah satu hari yang terbagi dalam 4 (empat)  sesi.
  2. Tempat pelatihan: Gedung S (Hendriawan Sie) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Jalan Kyai Tapa no. 1, Grogol, Jakarta Barat.
  3. Pelatihan dilaksanakan bila peserta minimal 50 orang dan maksimal 100 orang.

 

 VIII.    JADWAL PELATIHAN

JADWAL PELATIHAN 1  HARI

 AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH

 BAGI GURU DAN DOSEN AKUNTANSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

 

HARI /TANGGAL

WAKTU

ACARA DAN MATERI

PEMBAWA MATERI DAN PETUGAS

 

07.30 – 08.00

Her Registrasi

PANITIA

HARI PERTAMA

08.00 – 08.30

Pembukaan:

  1. Pembacaan ayat suci Al Qur’an
  2. Sambutan-sambutan

PANITIA

 

08.30 – 10.00

Sistem Ekonomi Islam, Akad dan Transaksi dalam perekonomian syariah 

SW

 

10.15 – 12.15

Laporan Keuangan Syariah

SW

 

12.15 – 13.15

ISHOMA

 

 

13.15 – 15.00

Akuntansi MURABAHAH dan ilustrasi

SW

 

15.00 – 15.30

SHALAT ‘ASHAR

 

 

15.30 – 17.00

Akuntansi MUSYARAKAH dan Ilustrasi.

SW

 

 17.00 – 17.15

 Penutupan dan pembagian Sertifikat

PANITIA

 

 Instruktur  SW adalah  Dr. Slamet Wiyono, Ak, MBA, SAS, CA

 (Penulis Buku Memahami Akuntansi Syariah di Indonesia, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Akuntansi Syariah IAEI pengurus Pusat, Ketua IAEI Komisariat Universitas Trisakti Jakarta, Anggota Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bidang Riset dan Pengembangan Akuntansi Syariah; Doktor  Di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah alumni IEF Trisakti University, Komite Investasi dan Risiko Usaha Perum Jamkrindo Jakarta, Manajer Training TRIEBI FE Usakti Jakarta, Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Komisariat Universitas Trisakti.

 CV dapat dilihat dan dicopy di www.slametwiyono.com  (KLIK di Profile).

 

Informasi pendaftaran hubungi  Ibu Tuty no. 0813 800 88 158

===alhamdulillaahi rabbil ‘alamiini===